Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prinsip Dasar Serta Penerapan Teknologi Ramah Lingkungan

Teknologi ramah lingkungan adalah metode yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan yang mana dalam penerapannya mengacu pada wawasan mengenai lingkungan serta mahami kaidah-kaidah lingkungan di sekitarnya. Berangkat dari pengertian itu lahirlah berbagai teknologi terapan, yang cukup aman serta bersahabat dengan lingkungan sekitar.

Untuk menciptakan teknologi dengan basis ramah lingkungan memang dibutuhkan biaya yang sedikit lebih mahal bila dibandingkan dengan teknologi lain. Situasi tersebut seakan jadi tantangan tersendiri bagi pihak pengembang untuk membuat teknologi ramah lingkungan dengan harga yang cukup terjangkau.

Apa Saja Prinsip Dasar Teknologi Ramah Lingkungan?

Terdapat beberapa prinsip dasar dalam penerapan konsep teknologi ramah lingkungan. Prinsip-prinsip tersebut akan kami ulas satu-persatu

  • Refine, memiliki arti penggunaan bahan yang tidak berbahaya bagi lingkungan sekitar.
  • Reduce, memiliki arti minimalisir limbah dengan metode optimalisasi penggunaan bahan.
  • Reuse, memiliki arti penggunaan kembali bahan-bahan yang sudah tidak difungsikan dengan cara diproses menggunakan teknik berbeda.
  • Recycle, memiliki arti pemanfaatan kembali bahan-bahan yang tak terpakai dengan menggunakan teknik yang sama.
  • Recovery, memiliki arti memanfaatkan material dari limbah untuk selanjutnya diproses demi pemanfaatan yang lain
  • Retrieve Energy, memiliki arti menghemat energi yang dipakai dalam proses produksi.

Teknologi yang menerapkan prinsip ramah lingkungan pastinya akan memberikan manfaat yang cukup besar bagi kehidupan kita, manfaat tersebut diantaranya yaitu:

  • Dirasa cukup efektif dan efisien dalam hal penggunaan sumber daya alam, sehingga lingkungan alam pun bisa tetap terjaga dari kerusakan.
  • Mampu mengurangi dengan signifikan jumlah limbah yang dihasilkan agar tidak memyebabkan pencemaran terhadap lingkungan nantinya.
  • Mampu menekan angka resiko terhadap turunnya kondisi kesehatan kita.
  • Mempu menghemat biaya pengeluaran produksi, dengan cara penggunaan sumber daya alam sebagai salah satu bagian dari teknologi yang sanggup menghemat biaya.

Apa Saja Contoh Penerapan Teknologi Ramah Lingkungan?

Pemanfaatan teknologi yang ramah terhadap lingkungan diantaranya yaitu:

Kincir Angin

Sebagian Anda mungkin pernah menyaksikan kincir angin di beberapa kesempatan, seperi misalnya di televisi, buku ataupun Anda yang pernah berkunjung ke Belanda. Negara ini memang dikenal memiliki banyak kincir angin, hal itu dilakukan tentunya bukan tanpa alasan. 

Angin diketahui dapat menjadi sumber energi alternatif pengganti bahan bakar fosil. Energi angin dimanfaatkan untuk menggerakan kincir angin, untuk selanjutnya akan dihasilkan energi listrik yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam aktifitas. 

Kincir angin ini merupakan contoh sumber energi yang ramah dengan lingkungan karena dalam proses pemakaiannya tidak menyebabkan polusi udara. Hal ini berbeda sekali dengan energi listrik yang didapat dari bahan bakar tak terbarukan dimana dalam pemanfaatannya akan memberikan dampak buruk bagi lingkungan.

Mobil Listrik

Bahan bakar yang tersedia saat ini makin lama makin menipis, sehingga hal itu memancing inovasi baru untuk terus bermunculan. Oleh karena itu inovasi seperti mobil listrik dapat menjadi salah satu solusi untuk lebih ramah terhadap lingkungan. 

Sekalipun jumlah mobil listrik saat ini masih sedikit dan jauh jika dibandingkan dengan penggunaan mobil konvensional, tapi diharapkan nantinya penggunaan terhadap mobil ini bisa terus bertambah setiap tahunnya. Selain mobil listrik lebih ramah lingkungan, perawatannya pun juga lebih mudah.

Biogas

Perlu untuk Anda ketahui bahwa kotoran hewan nyatanya bisa digunakan sebagai energi untuk mencukupi kebutuhan manusia. Biogas ini dihasilkan dari aktivitas fermentasi bahan organik. 

Bukan hanya kotoran hewan, limbah domestik juga bisa digunakan sebagai biogas, termasuk juga kotoran manusia juga bisa dimanfaatkan untuk itu. Bagaimana caranya hingga kotoran ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi? 

Jadi karbondioksida dan metana yang terdapat pada kotoran dapat difungsikan untuk bahan bakar listrik maupun kendaraan. Selain penggunaannya sangat menghemat biaya, bahan bakar dengan biogas ini lebih ramah terhadap lingkungan dan jadi solusi cerdas dalam pengelolaan alam.

Panel Surya

Penggunaan panel surya seringkali dimanfaatkan baik untuk keperluan pribadi maupun untuk kebutuhan umum. Panel surya merupakan teknologi yang memiliki kemampuan untuk mengubah energi cahaya menjadi energi listrik. 

Inovasi panel surya ini disebut juga sebagai photovoltaic yang memiliki arti cahaya listrik. Alat ini sangat bergantung pada efek photovoltaic untuk menyerap cahaya matahari dan menghasilkan arus yang mengalir diantara kedua lapisan yang muatannya berlawanan.

Rooftop Garden

Saat ini ada banyak rumah yang dibagian atapnya memiliki taman yang cukup luas. Tanaman ini dimanfaatkan untuk menyerap panas. Sehingga panas di dalam rumah dapat diminimalisir dengan adanya rooftop garden. 

Selain itu dengan membuat rooftop garden juga dapat mengurangi gas karbon dioksida. Ditambah lagi dengan adanya tanaman di atap rumah Anda dapat membuat rumah Anda bisa tempak lebih indah dan juga lebih menarik.

Penerapan Konsep Teknologi Ramah Lingkungan di berbagai Belahan Dunia

Teknologi saat ini telah menjadi santapan sehari-hari. Namun ada dampak terhadap penggunaan teknologi yang sekarang ini. Dampak tersebut tidak hanya akan menyebabkan langkanya terhadap sumber daya tak terbarukan. 

Namun juga menyebabkan lingkungan jadi terkontaminasi. Dibawah ini adalah contoh penerapan konsep teknologi yang ramah terhadap lingkungan yang ada di berbagai belahan dunia:

The Reichstag

Ini adalah bangunan pemerintahan yang memanfaatkan kaca serta cermin untuk memantulkan cahaya matahari yang datang sejauh mungkin. Sehingga dengan begitu tidak akan lagi bergantung pada penerangan buatan. Tak hanya itu saja, gedung tersebut juga mampu menampung air hujan. Gedung ini merupakan gedung parlemen, dimana di gedung inilah para pejabat pemerintahan bekerja.

The Sun Moon Mansion

Seperti yang kita ketahui bersama, Negara yang memiliki The Sun Moon Mansion adalah negara dengan jumlah populasi manusia terbesar di dunia. Negara ini memiliki misi untuk memakai energi terbarukan untuk menangani kelangkaan yang dapat terjadi pada semua sumber energi tak terbarukan. 

Salah satu cara yang mereka tempuh yaitu dengan membuat bangunan ini. Gedung ini di dalamnya terdiri atas gedung konferensi, kantor dan gedung pelatihan, gedung ini juga memproduksi energi surya, menjadi yang terbesar di dunia.

The Science Barge

Yang berikutnya yaitu The Science, ini merupakan gedung yang dimanfaatkan sebagai tempat edukasi lingkungan. Gedung ini merupakan rumah kaca terapung di atas sungai Hudson. 

Dilengkapi oleh tenaga surya yang dapat digunakan untuk menggerakkan dengan memanfaatkan angin serta bahan bakar bio. Dikarenakan sulitnya menemukan tanah yang sehat dan subur, akhirnya tanaman yang terdapat di gedung ini dibudidayakan secara hidroponik.

Air Tree

Air Tree ini merupakan bangunan yang pertama didirikan di kota lainnya Tree ini dibuat dari bermacam barang-barang hasil dari daur ulang. Tak hanya itu saja, bangunan ini memberikan perlindungan terhadap panas ketika musim panas telah tiba serta bangunan ini juga menyediakan ventilasi alami. Air Tree dilengkapi dengan tenaga surya yang mana dihasilkan dari panel photovoltaic yang dimanfaatkan untuk menyiram tumbuhan.


Post a comment for "Prinsip Dasar Serta Penerapan Teknologi Ramah Lingkungan"